Ayo Ikuti Langkah Berikut Ini Untuk Mencegah Korupsi !!

Ayo Ikuti Langkah Berikut Ini Untuk Mencegah Korupsi !!


Korupsi selalu menjadi berita yang bisa dikatakan sering muncul pada stasiun Televisi di negara Indonesia ini. Sangat banyak pemerintahan di Indonesia yang terlibat menjadi oknum - oknum pada kasus korupsi, terutama di daerah ibukota, yaitu Jakarta. Untuk itu kita sebagai manusia hendaknya jangan melakukan yang namanya KORUPSI, walaupun tidak bisa terhindar darinya, tapi ada baiknya jika kita mencegah agar kita tidak melakukan aksi korupsi juga. Baik itu dilingkungan keluarga, maupun dilingkungan masyarakat. Pada tanggal 9 Desember ini adalah Hari Anti Korupsi yang sebagaimana sudah ditetapkan sebelumnya. Marilah kita perkuat diri kita agar tidak terjerat dalam kasus korupsi.

Ada banyak cara untuk mencegah korupsi ini, yang akan admin jelaskan dibawah ini

Cara Untuk Mencegah Korupsi

1. Jika suatu lembaga, sebaiknya lembaga tersebut lebih mempertegas dan memperhatikan karyawannya saat bekerja. Cobalah bagi kamu yang saat ini menjadi atasan, liatlah bagaimana karyawanmu bekerja. Apakah kamu yakin mereka tidak melakukan korupsi? Sebagai atasan hendaknya selalu tegas dalam memperlakukan karyawan, bukan kasar.

2. Harus meminta laporan pengeluaran setiap minggunya atau setiap bulan. Ini sangat diperlukan karena ini adalah hal yang biasanya sering dilupakan. Bendahara terkadang tidak memberikan laporan pengeluaran kepada atasannya setiap akhir minggu atau akhir bulan. Ini bisa saja menjadi awal mulanya korupsi akan terjadi.

3. Membentuk suatu organisasi atau lembaga anti korupsi supaya meyakinkan kepada diri agar tidak melakukan korupsi. Jika kamu mengikuti suatu organisasi yang mempunyai peraturan, pastinya kamu akan mengikuti peraturan itu bukan? Untuk itu membentuk suatu organisasi anti korupsi sangat berguna untuk upaca pencegahan korupsi.

4. Adanya dukungan politik dari pemerintah. Penyebab lain dari korupsi tersebut karena tidak adanya dukungan dari pemerintah. Pemerintah tidak mempedulikan apa-apa yang di perlukan oleh masyarakatnya.

5. Membangun pendidikan moral sedini mungkin. Ini adalah penyebab banyaknya pejabat yang korupsi, mereka dibekali otak yang cerdas tetapi sayangnya tidak memiliki pendidikan moral yang baik. Mereka bermoral seperti halnya penjahat dan tidak bermartabat.

6. Membekali diri dengan pelajaran agama. Hal ini sangat diperlukan sebab 95% dari orang yang korupsi itu adalah mereka yang kurang dalam ilmu agama. Mereka hanya memikirkan kehidupan di dunia saja padahal masih ada kehidupan setelah dunia ini, yaitu akhirat. Untuk itu diperlukan pembelajaran dibidang agama supaya kita tidak tergoda dengan dunia yang fana ini.

7. Bergaul dengan orang - orang yang memiliki akhlak baik. Buat kamu yang sekarang masih pelajar, sebaiknya kamu memilih dalam berteman, bukan maksudnya memilih mana yang kaya dan yang miskin , tetapi kamu harus memilih mana teman yang pantas diikuti dan mana yang pantas untuk dijauhi. Sebab banyaknya korupsi itu juga dipengaruhi oleh pergaulan yang tidak benar. Jadi, pandai - pandailah kamu dalam memilih teman supaya tidak terpengaruh dengan yang namanya korupsi.

8. Hilangkan rasa ingin memiliki segalanya. Kita sebagai manusia pasti menginginkan segalanya, itu adalah hal yang salah dalam kehidupan ini. Janganlah kamu beranggapan mau memiliki segalanya. Pikirkan kondisi ekonomi keluarga kamu terlebih dahulu, dan janganlah rakus terhadap uang. Hiduplah sesederhana mungkin agar tidak terjadi ria atau hal yang tidak di inginkan lainnya.

9. Membangun atau menciptakan peluang kerja sendiri. Jika kita memiliki usaha sendiri dan yang membangunnya adalah kita sendiri, tentu kita tidak akan pernah melakukan korupsi. Ini adalah salah satu cara yang sangat bagus untuk menghilangkan rasa korupsi terhadap diri seseorang. Usaha sendiri juga bisa dijadikan sebagai modal untuk masa depan yang kita tidak tau nantinya akan seperti apa.

Itulah 9 tips dari saya untuk mencegah korupsi, saya hanya bisa mengingatkan dan yang menjalankannya kamu sendiri. Tidak ada gunanya korupsi, hanya sebatas kesenangan dunia tetapi sebenarnya kamu akan didatangi banyak masalah. Percayalah bahwa Tuhan itu maha melihat serta maha mengetahui. Jangan sampai perlakuan kamu merugikan orang lain.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Hari Anti Korupsi Internasional yang diselenggarakan KPK dan Blogger Bertuah Pekanbaru



Blogger Bertuah