Cara Membuat Kartu Ucapan dengan Aplikasi Font Lab

Tips dan Cara Membuat Kartu Ucapan dengan Aplikasi Font LabAndroid - Tren mengirim kartu ucapan saat ini memang masih banyak diminati dan digandrungi oleh para remaja maupun dewasa. Meski tidak lagi menggunakan kartu ucapan fisik , kartu ucapan kini semakin berkembang yaitu bisa digunakan dengan mudah dikirimkan ke sesama teman atau anggota keluarga lewat jejaring sosial layaknya Facebook, Twitter, BBM maupun email. Untuk membuat kartu ucapan yang bisa dikirim melalui sosial media, kita diharuskan untuk membuat desain atau gambaran sebagus bagusnya akan semakin menarik untuk dibaca.


Cara Membuat Kartu Ucapan dengan Aplikasi Font Lab



Saat ini sudah ada banyak beragam aplikasi mobile (Android) yang memungkinkan Anda untuk membuat kartu ucapan sendiri tanpa perlu bantuan PC atau laptop lagi. Semuanya bisa dapat Anda lakukan hanya lewat smartphone atau tablet milik Anda dengan cara yang sangat mudah. Penasaran ingin mencoba membuat kartu ucapan dengan desain hasil karya sendiri ? Berikut tahapannya.

1. Pilih aplikasi yang berbasis mengolah teks dengan gambar 


Untuk mendapatkan Aplikasi yang dapat membuat kartu ucapan dengan smartphone anda, anda bisa membuka aplikasi Playstore.  Di Playstore aplikasi berjenis ini memang cukup banyak. Namun, untuk tutorial kali ini, kami memilih aplikasi bernama Font Lab. Mengapa memilih aplikasi Font Lab. Alasannya adalah, karena Font Lab itu sendiri sangat sederhana, mudah digunakan untuk orang awam dan menyediakan beragam fitur yang cukup lengkap nan bagus untuk membuat kartu ucapan itu sendiri. Mulai dari efek filter, jumlah font yang sangat banyak hingga pernak-pernik elemen grafis yang bisa dipilih sesuai selera Anda. Sehingga anda dapat menuangkan kreasi Anda dengan menggunakan Aplikasi tersebut.

2. Pilih gambar latar yang sesuai dengan tema kartu ucapan


Jika anda sudah mengunduh aplikasi Font lab dan menjalankan aplikasi tersebut. Langkah selanjutnya adalah mencari gambar yang sesuai dengan tema ucapan itu sendiri. Agar lebih mudah untuk mencari gambar tersebut, saya cukup menyarankan pencarian gambar bisa dicari dengan bantuan Google Setelah menemukan gambar yang sesuai dengan keinginan dan tema dari ucapan kartu tersebut, lalu buka aplikasi Font Lab, klik tombol (+) dan cari gambar latar yang sudah Anda simpan tadi. Setelah itu, Anda bisa menyesuaikan ukuran gambar agar sesuai. Jika hanya ingin di-posting melalui Instagram seperti tutorial ini, Anda bisa memilih perbandingan crop 1:1. Setelah itu klik tanda centang di pojok kanan bawah.

3. Pengenalan Ikon


 Anda akan disambut dengan 3 ikon di bawah gambar. Ikon pertama untuk menambah font, ikon kedua yang berwarna hijau untuk menambah filter dan mengolah foto secara sederhana, dan ikon ketiga untuk menambah elemen grafis.


Cara Membuat Kartu Ucapan dengan Aplikasi Font Lab



Klik  ikon pertama untuk menambah teks pada foto, Teks itu sendiri untuk mulai menulis kata kata atau kalimat ucapan yang anda inginkan. Setelah kalimat selesai, pilih font yang sesuai dengan selera dan beri warna pada font tersebut agar memperindah tampilan font itu sendiri. Anda juga bisa mengatur besar kecil font dengan mencubit layar kedalam atau keluar. Dan mengatur komposisi hanya dengan menekan jari di kalimat dan digeser ke posisi yang diinginkan.

4.  Ikon ke 3


Setelahnya, pilih ikon ketiga yang berwarna merah. Di sini Anda bisa menambah beragam elemen grafis di kartu ucapan Anda. Mulai dari bentuk bulat, kotak, garis, pola abstrak, hingga template kalimat tersedia di sini untuk melengkapi kartu ucapan Anda sehingga dapat menambahkan efek efek yang bagus dan indah.

5. Ikon ke 2


Selesai menulis kalimat ucapan dan menambah elemen grafis yang diinginkan, beralih ke tombol hijau yang kedua untuk menambahkan efek pada foto sesuai selera. Setelah itu klik tanda centang untuk melanjutkan.

6.  Bagikan Kartu Ucapan


Setelah selesai menambah elemen grafis pada kartu ucapan yang anda buat, langkah terakhir yaitu membagikan kartu ucapan yang sudah anda buat tadi keteman teman, sahabat, saudara, orang tua ataupun kekasih anda. Untuk membagikan kartu ucapan tersebut kedalam jejaring sosial yaitu dengan tekan atau klik tombol share di pojok kanan atas. Anda akan disambut dengan opsi menyimpan kartu ucapan yang sudah dibuat ke memori internal ponsel atau bisa juga langsung dibagikan ke akun jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dll.

Catatan :
Dari ikon ikon yang sudah ada dalam pilihan tersebut, anda bisa mempercantik dan memperindah tampilan kartu ucapan yang anda buat. Sebaiknya gunakan ikon ikon tersebut dengan benar, agar gambar atau tulisan dalam kartu tersebut tidak kaku dan tidak indah.


Selamat mencoba!


Baik, berikut adalah Artikel dari “Cara Membuat Kartu Ucapan dengan Aplikasi Font Lab ” semoga dapat membantu Anda.  Terimakasih sudah berkunjung pada blog kami, jika artikel diatas berguna bagi Anda, Jangan lupa untuk sharenya yaaa.. Tetap pantengin terus Artikel dari Rumah Jawaban Selanjutnya. . . . ! ! 


 Mesin Pencetak Uang , Belajar editing , Belajar melalui tutorial dan informasi lengkap