Cara Jitu Mempercepat Kinerja Android dan Smartphone

Cara Jitu Mempercepat Kinerja Android dan Smartphone – Kebanyakan sekarang orang-orang banyak sekali yang sudah menggunakan Handphone yang canggih yang biasanya disebut dengan Smartphone seperti layaknya Android dan Iphone. Banyak orang awam yang masih tidak bisa atau tidak mengerti menggunakan Smartphone tersebut, sehingga Kinerja Smartphone yang dipakai tidak maksimal dan menimbulkan cepat panas dan lelet pada smartphone tersebut. Kebanyakan orang-orang yang tidak bisa mengatasi Hal ini. Berikut Saya akan memberikan Tips Tentang Android yang baru, yaitu cara Mempercepat Kinerja Android.



Cara Jitu Mempercepat Kinerja Android dan Smartphone



11 Cara Mempercepat Android


1. Pastikan aplikasi dan sistem anda selalu up to date

Hal yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah Melakukan pembaruan untuk setiap aplikasi dan sistem pada Smartphone agar Smartphone Anda kembali meningkatkan performanya. Logikanya, jika setiap ada pembaruan tentu ada perbaikan yang sebelumnya terlewatkan oleh para developer, baik itu berupa bug dan peningkatan beberapa fitur yang ada pada Smartphone Anda. Untuk melakukan pembaruan  tersebut biasanya Anda akan menemukan di area notifikasi layar yang berupa tulisan untuk melakukan Upgrade atau Pembaruan pada Aplikasi tertentu, atau anda bisa memeriksanya di Settings > about device > software update, cara ini adalah untuk semua merk smartphone yang berbasis android. Atau Anda juga bisa memeriksanya melalui Play Store, dengan cara membuka menu pada bagian kiri dan tekan My Apps. Dengan cara ini maka Android Anda tidak akan lemot.

2. Bersihkan home screen

Menggunakan Live Wallpaper memang keren dan bagus untuk dilihat, Akan tetapi hal itu juga memakan kapasitas RAM pada android Anda untuk menjalakan Aplikasi tersebut dan juga diperberat oleh aplikasi lain yang diam-diam berjalan di Background layar. Maka dari itu, menggunakan gambar yang statis adalah jawaban yang benar bagi Anda untuk mempercepat Smartphone kesayangan Anda yang lemot.
Hal yang tak kalah penting dan tidak boleh tertinggalkan adalah Menghapus atau memindahkan ikon aplikasi yang sudah lama tidak terpakai atau digunakan, sebagian besar pengguna Android pasti melupakan hal sepele seperti ini, akan tetapi cukup untuk mempercepat kinerja Android anda dan tidak memenuhi RAM pada Android.  Logikannya adalah setiap anda menjalankan atau membuka Android pasti masuk kedalam menu maka dibutuhkan kinerja oleh GPU untuk mengolah ikon ikon tersebut sehingga dapat memperberat Smartphone yang Anda pakai.

3. Uninstal atau disable aplikasi yang tak terpakai

Selain ikon ikon  dari aplikasi yang tak terpakai lagi yang dapat mengurangi kinerja Android, aplikasi itu sendiri pun juga dapat memperlambat smartphone karena tak hanya membutuhkan ruang penyimpanan saja untuk menyimpan data datanya tetapi juga dapat memakan RAM anda, Maka dari itu, Menurut saya, jika Anda sudah merasa puas atau bosan dan tak berkeinginan lagi untuk memakai atau menggunakan aplikasi tersebut, langkah yang baik adalah untuk menguninstall aplikasi tersebut.

4. Nonaktifkan atau kurangi efek animasi

Satu lagi, efek animasi adalah hal yang bagus dan seru untuk dilihat pada ponsel pintar Anda, akan tetapi, hal tersebut dapat mengurangi kinerja pada Android anda yang sehingga dapat membuat lemot kerja Android.  jika Anda ingin mempercepat kinerja Android anda harus membutuhkan tenaga yang sedikit ekstra dan Anda harus mengaktifkan Developer Options untuk melakukannya. Yang pertama anda lakukan adalah Masuk ke menu setting > system > About Phone > Build Number, jika Anda sudah menemukannya maka ketuklah hingga 7 kali hingga muncul pesan bahwa anda sudah menjadi seorang developer. Jika sudah, Kembali lagi pada menu setting dan liihatlah pada bagian Systems, disana anda akan melihat Developer Options / Opsi pengembang. Masuk kedalamnya dan pergi menuju Window Animation scale. Dan Atur Animasi pada Smartphone Anda, jika Anda tidak mengerti atau tidak ingin mengganti apapun, silahkan tekan tombol back.

5. Bersihkan Cache Aplikasi

Cache berfungsi sebagai mempercepat loading beberapa aplikasi, Akan tetapi dapat mengkonsumsi ruang di memori internal Android anda. Dengan membersihkan Cache ini maka anda dapat sedikit mempercepat kinerja android yang lemot. Untuk membersihkan cache tersebut, masuk kedalam menu Settings > Apps > dan geser ke tab All, disini anda akan menemukan semua aplikasi baik itu yang anda install maupun aplikasi bawaan sistem, pilihlah aplikasi yang anda inginkan.
Namun jika anda ingin menghapus Cache secara menyeluruh tanpa harus memilih satu per satu pada tiap aplikasi yang Anda install tersebut maka anda dapat  pergilah kedalam menu Settings > Storage > Cached Data ketuk OK untuk menghapusnya.

6. Nonaktifkan atau kurangi Auto Sync

Sinkronisasi memang sangat membantu kita dalam mendapatkan pemberitahuan dari beberapa aplikasi seperti BBM, Facebook, Email, dan aplikasi lainnya. Namun, sinkron pun dapat memerlambat kinerja smartphone. Menonaktifkan atau menguranginya mungkin bisa menjadi jawaban anda untuk menambah performa smartphone. Pergilah ke Settings lalu geser kebawah hingga anda menemukan tab Account. Disana anda akan melihat daftar aplikasi yang membutuhkan sinkron. Pilihlah atau nonsktifkan semuanya.

7. Bersihkan cache partisi


Perlu Anda ketahui bahwa Cache partisi sangat berbeda dengan cache aplikasi, begitupun juga tempat penyimpanannya. Cache partisi ini berisikan temporary files dan membersihkannya sesekali sangat dianjurkan agar mempercepat Android anda. Untuk melakukannya , Anda harus masuk kedalam mode Recovery agar cahce partisi dapat dibersihkan. Karena setiap merk smartphone memiliki cara yang berbeda untuk masuk kedalam mode Recovery cobalah mencarinya berdasarkan merk smartphone anda di Google.


Baca juga : 

Hal Pertama yang Perlu Dilakukan Ketika Punya Ponsel Android


8. Cobalah launcher pihak ketiga


Jika anda ingin mengubah sistem navigasi dan ingin melakukan beberapa tweak untuk settings agar smartphone terasa ringan. Tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa launcher pihak ketiga seperti Nova Launcher, Go Launcher Ex, atau Apex Launcher. Pilihlah pengaturan yang sesuai dengan keinginan anda.

9. Lakukan Factory Reset

Jika beberapa cara mempercepat android diatas masih belum mampu melepaskan rasa jenuh anda dengan smartphone yang lemot maka anda bisa melakukan Factory Reset. Tapi ingat jika anda ingin melakukan hal ini pastikan anda melakukan back up karena factory reset akan mengembalikan isi smartphone anda seperti ketika anda memebelinya pertama kali termasuk update yang anda lakukan untuk semua sistem. Untuk melakukannya pergilah ke Settings > Back Up & Reset > Factory Data Reset.

10. Root dan Overclock

Jika suatu saat anda mendapati bahwa smartphone teman anda lebih cepat dari yang anda miliki yang mempunyai merk dan spesifikasi yang sama, maka bisa dipastikan bahwa teman anda tersebut melakukan Root dan Overclock pada smartphone Anda. Jika anda ingin melakukan rooting dan overclock, anda bisa menggunakan aplikasi seperti SetCPU atau Android Overclock yang bisa anda dapatkan di Appstore. Lakukan dengan hati hati karena jika salah bisa saja anda harus mengganti smartphone sekarang dengan yang baru atau anda bisa meminta melakukan pada konter konter Handphone yang bisa service hal tersebut.

11. Instal custom ROM

Cara mempercepat android yang lemot setelah  anda melakukan rooting pada smartphone anda adalah menginstal custom ROM. Cara ini akan sangat sangat berguna bagi anda yang memiliki smartphone yang sudah lama tidak mendapatkan pembaruan sistem atau OS. Dengan memasang custom ROM, android lama anda bisa diperbarui dengan android versi terbaru.


Baik, berikut adalah Artikel dari “Cara Jitu Mempercepat Kinerja Android dan Smartphone” semoga dapat membantu Anda.  Terimakasih sudah berkunjung pada blog kami, jika artikel diatas berguna bagi Anda, Jangan lupa untuk sharenya yaaa.. Tetap pantengin terus Artikel dari Rumah Jawaban Selanjutnya. . . . ! ! ! 


 Mesin Pencetak Uang , Belajar editing , Belajar melalui tutorial dan informasi lengkap