Cara Menghemat Baterai Android

5 Cara Sederhana untuk Menghemat Baterai Android  - Jika Anda pengguna atau menggunakan handphone Android yang canggih nan pintar yang biasa dipanggil dengan sebutan smartphone yang memiliki keunggulan dari beberapa handphone lain. Seperti Samsung, Asus, Acer, Zenfone, Lenovo dan Android lainnya. Tetapi dengan semua keunggulan pada smartphone tersebut memiliki kelemahan yaitu baterai yang sangat cepat habis. Bukan rahasia lagi bahwa daya tahan baterai merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemui pengguna perangkat Android. Terlebih beberapa pabrikan hadir dengan teknologi yang semakin mumpumi sehingga membutuhkan daya yang besar pula.

Pasti Anda juga merasakan kesal karena pada smartphone atau Android yang Anda miliki boros sekali terhadap baterai, Sehingga Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli alat penampung daya listrik seperti PowerBank untuk mengecas Smartphone yang Anda miliki.

Cara menghemat baterai Smartphone Android, Asus, Zenfone, Samsung



Maka untuk itu, beberapa pabrikan saat ini sedang berlomba-lomba untuk membekali smartphone yang mereka dirikan dengan fitur-fitur untuk menghemat daya baterai pada smartphone. Tidak hanya itu saja, di Google Play Store dan ditempat-tempat lain sudah banyak dan sering kita temui aplikasi-aplikasi yang menjanjikan untuk performa baterai pada smartphone agar lebih baik.

Akan tetapi, itu semua tidak menjadi jaminan untuk smartphone yang kita miliki mempunyai performa baterai yang tahan lama. Pasti diperlukan juga beberapa cara penggunaan dengan tepat pada smartphone yang kita miliki untuk memastikan daya bahan baterai lebih baik dan lebih lama.

Maka dari itu, berikut kami berikan 5 cara yang sangat sederhana  untuk menghemat penggunaan baterai Smartphone  Android yang Anda miliki. Berikut Cara Menghemat Baterai Android :

1.       Smartphone Android Tak Harus Selalu Jadi Pintar


Saat ini untuk beberapa pabrikan smartphone Android tidak jarang untuk menyematkan fitur-fitur tertentu yang dapat membuat Smartphone Android menjadi lebih 'pintar'. Sehingga tidak ada fitur-fitur tertentu pada smartphone tersebut dan membuat kita untuk mengunduh sendiri aplikasi-aplikasi yang dapat membuat smartphone kita menjadi lebih ‘pintar’.

Akan tetapi, Pada kenyataannya banyak sekali pengguna smartphone Android yang tidak menggunakan fitur-fitur tersebut. Jadi, Menurut saya ada baiknya untuk mematikan beberapa fitur tersebut, lebih terutama pada fitur-fitur yang sangat jarang digunakan dan jarang yang Anda sentuh, dengan langkah tersebut. Anda bisa sedikit menghemat daya baterai pada smartphone yang Anda miliki.


2.       Ada Saatnya untuk Rehat Sejenak


Tak bisa dipungkiri pengguna Android saat ini sering menggunakan smartphonenya untuk terhubung dengan internet dengan bertujuan yang berbeda-beda. Mulai dari sekadar bergelut di media sosial, membaca berita, belajar, atau bermain game.
Memang harus diakui juga, banyak sekali sekarang pengguna smartphone yang ketagihan akan koneksi internet mereka atau smartphone yang ia miliki sehingga ia tak bisa untuk jauh dari smartphone dan gadget yang ia miliki.

Namun, perlu Anda diketahui bahwa diperlukan juga waktu rehat sejenak ketika terhubung internet. Terutama apabila dirasa dalam kondisi yang tidak memungkinkan, seperti di tempat yang tidak memiliki sinyal internet atau masuk dalam jangkauan Wi-Fi. Mematikan koneksi data atau Wi-Fi dalam kondisi tersebut tentu saja dapat menghemat penggunaan baterai.


3.       Atur Jadwal Untuk 'Istirahat'


Pada beberapa smartphone yang ada saat ini sudah memiliki fitur yang disebut 'Do Not Disturb' atau 'Sleep'. Lewat fitur ini,  nantinya smartphone Anda dapat dijadwalkan untuk mematikan koneksi data atau Wi-Fi ketika sudah tidak digunakan. Dengan cara ini, Anda juga dapat sedikit menghemat daya baterai pada smartphone yang Anda miliki.

Bagi pengguna yang tidak memiliki fitur ini pada perangkatnya, dapat memulainya dengan mengaktifkan 'airplane mode' ketika sedang beristirahat atau ketika smartphone sudah tidak digunakan.

Kebiasaan ini tidak hanya menghemat baterai, tapi pengguna juga bisa rehat sejenak dari rutinitas penggunaan smartphone.

4.       Selalu Perbarui Aplikasi yang Ada di Smartphone


Pembaruan yang hadir untuk aplikasi-aplikasi di smartphone Android biasanya bukan tanpa alasan. Pembaruan tersebut biasanya berguna untuk memperbaiki performa smartphone, salah satunya dalam hal ini adalah optimisasi penggunaan memori dan baterai.

Dengan selalu memperbarui aplikasi yang ada di smartphone, secara tidak langsung dapat juga mengoptimalkan penggunaan baterai. Namun, untuk mencegah habisnya kuota data, pembaruan data dapat dilakukan secara manual atau menggunakan jaringan Wi-Fi.


5.       Jangan Terlalu Terobsesi dengan Smartphone


Pada dasarnya, sekarang banyak sekali pengguna Android smartphone yang lengket dengan smartphone yang mereka miliki, ada yang berkata “jika tidak memegang handphone, hati tak merasa nyaman dan ada yang kurang” ini adalah ciri-ciri yang tidak bisa meninggalkan handphone yang mereka miliki, sehingga handphone akan sering digunakan dan batu baterai akan menjadi panas bisa menimbulkan baterai cembung pada batu beterai yang ada pada handphone tersebut.
Mungkin ini kebiasaan yang sedikit aneh. Namun, nyatanya ini cukup berpengaruh untuk menghemat penggunaan baterai.

Dengan menahan diri untuk menggunakan smartphone secara bijak dan tidak perlu merasa selalu memeriksa atau menggunakan smartphone, secara tidak langsung penggunaan smartphone lebih tepat guna dan daya baterai juga dapat lebih hemat.

Baik, berikut adalah 5 Cara Sederhana untuk Menghemat Baterai Android yang dapat anda lakukan pada smartphone Anda. Jika Artikel ini dapat membantu Anda, Jangan lupa untuk Share yaaa.. Terimakasih sudah berkunjung diblog saya, tetap pantengin terus Artikel dari Rumah Jawaban Selanjutnya . . . . ! ! !




 Mesin Pencetak Uang , Belajar editing , Belajar melalui tutorial dan informasi lengkap